Skip to main content

Pengenalan Routing

Routing





Apa Itu Routing?

Routing merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data yang ditransmisikan dari satu network ke network yang lain. Pada sebuah router, biasanya mempunyai sebuah tabel routing atau lebih yang menyimpan informasi jalur routing yang akan digunakan ketika ada pengiriman data yang melewati router.

Apa Itu Static Route?

Routing static adalah jenis routing yang dilakukan admin/pengelola jaringan untuk mengkonfigurasi informasi tentang jaringan yang dituju secara manual. Ciri-ciri routing statis adalah sebagai berikut: jalur spesifik ditentukan oleh admin jaringan. pengisian tabel routing dilakukan secara manual oleh admin jaringan.

Apa Itu Dynamic Route?

Routing Dynamic adalah proses di mana router dapat meneruskan data melalui rute yang berbeda atau tujuan yang diberikan berdasarkan kondisi saat ini dari sirkuit komunikasi dalam suatu sistem.

Jenis-Jenis Dynamic Route

  • RIP (Routing Information Protocol) RIPv1 dan RIPv2

    RIP adalah protokol yang memberikan informasi routing table berdasarkan router yang terhubung langsung. Kemudian, router selanjutnya akan memberikan informasi ke router selanjutnya yang terhubung langsung dengan router tersebut. Adapun informasi yang diberikan dalam protokol RIP adalah: host, network, subnet, dan route default.

  • IGRP (Interior Gateway Routing Protocol)

    IGRP adalah sebuah routing protocol yang dikembangkan oleh Cisco Systems Inc. pada pertengahan tahun 1980-an. Tujuan penciptaan IGRP adalah untuk menyediakan protokol yang kuat untuk routing dalam sistem otonomi. IGRP memiliki hop maksimum 255, tetapi default dari protokolnya sendiri adalah 100. IGRP menggunakan bandwidth dan garis menunda secara default untuk menentukan rute terbaik dalam sebuah interkoneksi (Composite Metric, yang terdiri atas bandwidth, load, delay dan reliability). Protokol ini menggunakan algoritma “distance vector”. Update routing pada protokol ini dilakukan secara broadcast setiap 90 detik.

  • OSPF (Open Short Path First)

    OSPF adalah sebuah routing protocol standar terbuka yang telah diaplikasikan oleh sejumlah vendor jaringan dan dijelaskan di RFC 2328. Protokol ini cocok diterapkan pada jaringan yang memiliki router yang berbeda-beda. COntohnya, jika jaringan komputer Anda memiliki banyak router, dan tidak semuanya adalah router Cisco, maka Anda tidak dapat menggunakan IGRP. jadi pilihan Anda tinggal RIP v1, RIP v2, atau OSPF. Jika jaringan yang dikelola adalah jaringan besar, maka OSPF adalah pilihan protokol satu-satunya agar semua router tersebut bisa melakukan routing.

  • EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)

    Protokol ini menggunakan algoritma “advanced distance vector” dan menggunakan “cost load balancing” yang tidak sama. Algoritma yang dipakai adalah kombinasi antara “distance vector” dan “link-state”, serta menggunakan Diffusing Update Algorithm (DUAL) untuk menghitung jalur terpendek.

  • BGP (Border Gateway Protocol)

    Sebagai routing protocol, BGP memiliki kemampuan untuk melakukan pengumpulan rute, pertukaran rute dan menentukan rute terbaik menuju ke sebuah lokasi dalam sebuah jaringan. Namun yang membedakan BGP dengan routing protocol lain adalah BGP termasuk ke dalam kategori routing protocol jenis Exterior Gateway Protocol (EGP).

  • Intermediate System-to-Intermediate System (IS-IS)

    IS-IS adalah protokol digunakan pada perangkat jaringan komputer yang berguna untuk menentukan jalur terbaik bagi datagram ketika diarahkan ke tujuan. Lebih lengkapnya didefinisikan dalam ISO / IEC 10589 2002 dalam desain referensi OSI.

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat ssh dalam cisco packet tracer

Configure Secure Shell on Cisco Packet Tracer Pendahuluan Jika kalian belum mengetahui ttng ssh bisa check disini Konfigurasi SSH pada Cisco Packet Tracer Pada post ini saya akan menunjukan cara konfigurasi ssh pada SWITCH dan ROUTER Oke lanjut aja Bukalah Packet Tracer kalian, Disini saya memakai Packet Tracer dengan Versi 7.1 kalian seterah mau download yang mana asalkan HALAL :v xD Topologi pada post ini  Disini saya akan konfigurasikan pada bagian routernya dahulu...  Pertama Buka laptopnya  > Pergi ke Terminal > Langsung klik " OK "    Nanti akan terlihat seperti ini  lalu kalian bisa ikuti konfigurasinya  Ini adalah BAGIAN PENTING sebelum konfigurasi SSH pada router Dan kalian harus config ini dahulu sebelum masuk ke SSHnya Hostname : Nama Router Username :  untuk login ip domain-name : Domain Name Server crypto key generate rsa : Enkripsi Disini saya konfigurasi IPnya dahulu pada

Konfigurasi Ubiquity M5 sebagai mode AP

Ubiquity M5 Konfiguration yo, hmmm... ini adalah salah satu Post dari Blog lama saya :3 yang bernama Informasionline12.blogspot.com <<< ini blog saya tinggal kenapa? karena udah gk keurus lagi, dan juga kenapa si kgk ngebuat sendiri, di karenakan saya sedang sakit + saya juga lagi ada rasa malas welll, gitulah xD Pengertian Ubiquity adalah salah satu alat perangkat jaringan Wireless Ubquity di produksi oleh Perusahaan Ubiquity dia di produksi di Amerika Serikat Ubiquity ini adalah perangkat wireless OutDoor penemunya adalah Robert Pera Alat dan bahan Ubiquity M5  Laptop sebagai NOC 2 kabel Lan  PoE (Power Of Ethernet) Praktek ini adalah tampilan awal Ubiquity (saya sehabis reset)  isikanlah Username,Password,Negara,Bahasa kalian,lalu klik / centang "i agree" yang ada kotak hitam itu  lalu login disini di TAB "system" saya setting Device Name,Time Zone dan Date isilah sesuai waktu kalian dan

Pengenalan Cisco

Sejarah Cisco Pengenalan Cisco Pada awal 1980-an, ada sepasang suami istri yaitu Len dan Sandy Bosack yang dulu bekerja di dua departemen komputer yang berbeda yang terletak di Stanford University. Pasangan ini sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengatasi masalah ini, mereka membuat sebuah server gateway di ruang tamu mereka yang menuju cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa sebuah revolusi dalam Networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini datang Mid-Range Gateway Server (MGS), Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +. Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Route