Skip to main content

Pengenalan Cisco

Sejarah Cisco

Pengenalan Cisco

Pada awal 1980-an, ada sepasang suami istri yaitu Len dan Sandy Bosack yang dulu bekerja di dua departemen komputer yang berbeda yang terletak di Stanford University. Pasangan ini sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengatasi masalah ini, mereka membuat sebuah server gateway di ruang tamu mereka yang menuju cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa sebuah revolusi dalam Networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini datang Mid-Range Gateway Server (MGS), Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +.

Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Router ini masih ada dan meningkatkan setiap hari. Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform. Sertifikasi CCNA adalah sertifikat yang pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco dan merupakan pendahulu untuk semua sertifikasi Cisco. Program CCNA dibuat untuk memberikan dasar yang kokoh yang tidak hanya untuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan hardware Cisco, tetapi juga internetworking secara umum. Untuk mendapatkan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) maka Ciscon membuat suatu seri sertifikasi, yaitu:

  • NE (Network Essentials)
  • CCENT (Cisco Certified Entry Networking Techinian)
  • CCNA (Cisco Certified Network Associate)
  • CCNP (Cisco Certified Network Professional)
  • CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)
  • CCAR (Cisco Certified Architect)

Penjelasan Sertifikasi Cisco

  • NE (Network Essentials)

    NE atau Network Essentials adalah salah-satu sertifikasi Cisco tentang BASIC dari Jaringan semuanya ada disini seperti Pengenalan Internet, Kabel Jaringan, DMZ, TCP/IP, Cisco Basic dan lain-lain xD.

  • CCENT (Cisco Certified Entry Networking Techinian)

    CCENT merupakan tingkatan sertifikasi cisco agak bawah. Pada sertifikasi ini kandidat diharapkan memiliki kompetensi untuk memasang, mengoperasikan dan troubleshoting jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi networking fundamental, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan dan konsep wireless, routing dan switching dan konfigurasi jaringan enterprise berskala kecil.

  •  CCNA (Cisco Certified Network Associate)

    CCNA merupakan sertifikasi cisco tahap lanjutan dari CCENT. Selain memiliki syarat kompetensi pada sertifikasi CCENT. Kandidat yang telah lulus CCNA juga memiliki pengetahuan yang cukup komprehensif mengenai fundamental wireless networking, dasar-dasar keamanan jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WAN.

    Macam-macam spesialisasi dari CCNA antara lain: CCDA, CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA Data Center, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA Service Provider, CCNA Video, CCNA Voice, dan CCNA Wireless.

  • CCNP (Cisco Certified Network Professional)

    CCNP adalah tingkatan untuk professional, sertifikasi ini menyatakan bahwa pemiliknya telah memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN/WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan. Syarat untuk mendapatkan sertifikat CCNP adalah harus memiliki sertifikat CCNA terlebih dahulu.

    Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDP, CCNP Cloud, CCNP Collaboration, CCNP Data Center, CCNP Routing and Switching, CCNP Security, CCNP Service Provider, CCNP Voice, dan CCNP Wireless.

  • CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

    CCIE adalah tingkatan Expert, setiap orang yang memiliki sertifikat CCIE ini memiliki kemampuan expert  untuk mengatasi tantangan tertinggi dalam bidang networking. Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDE, CCIE Collaboration, CCIE Data Center, CCIE Routing & Switching, CCIE Security, CCIE Service Provider, dan CCIE Wireless.

  • CCAR (Cisco Certified Architect)

    CCAR adalah tingkatan paling tinggi dari semua sertifikasi cisco. Sertifikat CCAr ini didesain untuk senior network infrastructur architects. Yang memiliki kemampuan/pengetahuan khusus tentang teknologi dan arsitektur infrastruktur cisco.

Sekian dari saya xD.




Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat ssh dalam cisco packet tracer

Configure Secure Shell on Cisco Packet Tracer Pendahuluan Jika kalian belum mengetahui ttng ssh bisa check disini Konfigurasi SSH pada Cisco Packet Tracer Pada post ini saya akan menunjukan cara konfigurasi ssh pada SWITCH dan ROUTER Oke lanjut aja Bukalah Packet Tracer kalian, Disini saya memakai Packet Tracer dengan Versi 7.1 kalian seterah mau download yang mana asalkan HALAL :v xD Topologi pada post ini  Disini saya akan konfigurasikan pada bagian routernya dahulu...  Pertama Buka laptopnya  > Pergi ke Terminal > Langsung klik " OK "    Nanti akan terlihat seperti ini  lalu kalian bisa ikuti konfigurasinya  Ini adalah BAGIAN PENTING sebelum konfigurasi SSH pada router Dan kalian harus config ini dahulu sebelum masuk ke SSHnya Hostname : Nama Router Username :  untuk login ip domain-name : Domain Name Server crypto key generate rsa : Enkripsi Disini saya konfigurasi IPnya dahulu pada

Konfigurasi Ubiquity M5 sebagai mode AP

Ubiquity M5 Konfiguration yo, hmmm... ini adalah salah satu Post dari Blog lama saya :3 yang bernama Informasionline12.blogspot.com <<< ini blog saya tinggal kenapa? karena udah gk keurus lagi, dan juga kenapa si kgk ngebuat sendiri, di karenakan saya sedang sakit + saya juga lagi ada rasa malas welll, gitulah xD Pengertian Ubiquity adalah salah satu alat perangkat jaringan Wireless Ubquity di produksi oleh Perusahaan Ubiquity dia di produksi di Amerika Serikat Ubiquity ini adalah perangkat wireless OutDoor penemunya adalah Robert Pera Alat dan bahan Ubiquity M5  Laptop sebagai NOC 2 kabel Lan  PoE (Power Of Ethernet) Praktek ini adalah tampilan awal Ubiquity (saya sehabis reset)  isikanlah Username,Password,Negara,Bahasa kalian,lalu klik / centang "i agree" yang ada kotak hitam itu  lalu login disini di TAB "system" saya setting Device Name,Time Zone dan Date isilah sesuai waktu kalian dan